Selasa, 16 Oktober 2012

TEKNOLOGI INPUT-OUTPUT-PROCESSOR


TEKNOLOGI INPUT-OUTPUT-PROCESSOR



Pertanyaan?

1. Cari teknologi-teknologi dari tiap komponen Input
minimal 5 komponen inputan dan jelaskan
teknologi-teknologi tersebut
2. Cari teknologi-teknologi dari tiap komponen
Output minimal 5 komponen outputan dan jelaskan
teknologi-teknologi tersebut
3. Sebutkan 3 Merk Processor yang anda ketahui
dan jelaskan 5 teknologi dari tiap processor
tersebut.

Jawaban:

1. INTPUT
    Input (masukan) adalah merupakan alat untuk memasukan data dari luar kedalam komputer, di olah dalam komputer menjadi data guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Alat-alat input yaitu Keyboard, Scanner, Mouse, webcam, Joystick.
 A. KEYBOARD 
     Keyboard atau papan ketik ini berfungsi sebagai media interaksi antara user dan mesin. keyboard merupakan sebuah papan yang didalamnya terdiri dari tombol-tombol untuk membuat kalimat dan simbol pada komputer. Jenis keyboard ini senderi berbeda-beda seperti keyboard Qwerty, keyboard Dvorak, keyboard Maltron, Chord keyboard, keyboard Proyeksi.
     1. Keyboard Qwerty : Sesuai pada namannya Qwerty yang merupakan huruf yang di pasang pada
         deretan paling atas. keyboard ini yang sudah banyak dipakai orang.
     2. Keyboard Dvorak : Diciptakan menurut prinsip kerjanya Biomekanis dan Efisiensi. ketukan yang ada
         pada jari-jari tangan kanan yang lebih banyak bekerja yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis.
     3. Keyboard Maltron : Tidak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ni diciptakan
         agak cekung kedalam, para pngguna keyboar ini hanya mnggunakan 8 jari dari 10 jari yang sering di
         gunakan untuk mengetik, sehingga para pengguna keyboard ini perlu beradaptasi untuk
         menggunakannya.
     4. Keyboard Chord : Keyboard ini hanya mempunyai 4 sampai 5 tombol, dan untuk memasukan suatu
         huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan.
     5. Keyboard Proyeksi : keyboar ini memakai sensor gerak untuk mengirimkan perintah pada
         komputer.

B. SCANNER
     Scanner merupakan alat yang berfungsi untuk mngambil dan menggandakan gambar, hampir sama dengan mesin foto copy hanya yang membedakan dengan scanner, scanner akan menyimpan file yang sudah di imput terlebih dahulu, sementara mesin foto copy akan mencetak file langsung kekertas. Adapun jenis-jenis scanner seperti scanner Flat bed, scanner ADF(Automatic Document Feeder), scanner Drum, scanner Andheld.
     1. Scanner Flat bed : Scanner ini yang sudah banyak dipakai dimana-mana, cocok untuk digunakan
         secara pribadi, mempunyai papan penutup dan lapisan kaca untuk menyimpan kertas yang akan di
         ambil gambarnya.
     2. Scanner ADF : Scanner ini mempunyai kelebihan dibanfding scanner flat bed, dengan meletakan
         gambar yang akan dibaca scanner ini secara otomatis akan mengambil gambar dengan sendirinya dan
         membacanya, scanner ini cocok untuk perkantoran yang mempunyai banyak gambar yang akan di
         scann.
     3. Scanner Drum : Scanner ini yang awal dikembangkan, scanner ini menggunakan PMT
         (Photomultiplier Tubes) untuk membaca gambar, scanner ini menghasilkan kwalitas yang sangat baik
         dibandingkan scanner lainnya.
     4. Scanner Andheld : Scanner ini membutuhkan ketrampilan yang lebih dari setiap penggunanya, karena
         pengguna scanner ini akan menggerakan gambar yang akan dibaca dengan tangannya, dan kekurangan
         dari scanner ini bersifat monochrome yang dapat menghasilkan warna hitam putih saja.

C. MOUSE
     Mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse terdapat tombol klik kiri dan klik kanan dan mempunyai bola kecil untuk menggerakan penunjuk berupa panah kecil pada komputer (Pointer). Biasanya mouse mempunyai 1 sampai 3 tombol yang masing-masing tombol mempunyai peran tersendiri. mouse memiliki beberapa macam jenis seperti mouse Mekanik, mouse optomekanik, mouse cordless, mouse optic, mouse USB (Universal Serial Bus).
     1. Mouse Mekanik
         Mouse yang menggunakan sensor berupa bola karet atau logam yang berada disisi bawah mouse, yang
         dapat berputar kesegala arah, dengan sensor tersebut dapat mendeteksi arah putaran bola untuk
         menggerakn pointer sesuai arah putar bola yang kita gerakan.
     2. Mouse Optomekanik
         Mouse Optomekanik sama halnya dengan mouse Mekanik hanya saja mouse Optomekanik
         menambahkan sensor optik pada bola untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse yang kita gerakan. 
     3. Mouse Cordless
         Inilah mouse tanpa kabel, mouse Cordless menggunakan glombang radio atau infra merah untuk dapat
         menyambung ke komputer.
     4. Mouse Optic
         Mouse ini menggunakan sinar LED(Light Emitting Diode) atau sinar laser sebagai pengganti bola
         mouse untuk mendeteksi gerak mouse, sinar LED dipantulkan oleh permukaan dimana mouse itu
         digerakan ke CMOS (Complimintary Metal Oxide Semiconductor).sinar ini akan mengirimkan gambar
         permukaan ke DSP (Digital Signal Processor). DSP itu akan menganalisis gambar tadi yang kemudian
         akan dikirimkan ke komputer.
     5. Mouse USB
         Mouse yang mengirim gambar atau perintah menggunakan USB, mouse ini sudah banyak di pakai oleh
         kalangan masyarakat.

D. WEBCAM
     Webcam merupakan sebuah priferal berupa kamera sebagai pengambul gambar dan mikropon sebagai pengambil suara. Yang di kendalikan oleh sebuah komputer, gambar yang di ambil oleh webcam akan di tampilkan di layar monitor dan dikendalikan oleh komputer yang sudah terhubung oleh port.Beberapa jenis webcam yaitu Serial and parallel port webcam, USB webcam, Firewire and card based webcam, Network and wireless camera.
     1. Serial and parallel port webcam jenis ini sudah sangat jarang ditemui lagi karna sudah tidak
         diproduksi lagi, webcam ini menghasilkan gambar yang berkualitas rendah dan frame rate yang juga
         rendah.
     2. USB Webcam  jenis ini dapat digunakan langsung bagi pemula maupun amatir, didukung dengan
         fasilitas PnP (Plug and Play) yang dapat dihubungkan melalui USB tanpa harus mematikan komputer,
         namun syarat pertama yang harus dimiliki komputer, komputer harus memiliki USB port.
     3. Firewire and card based wedcam merupakan salah satu video capture davice yang dibutuhkan oleh
         kamera yang mendukungnya webcam ini dapat menghasilkan frame rate yang tinggi sehingga gambar
         yang dihasilkan lebih bagus.
     4. Network and wireless camera merupakan jenis webcam yeang tidak butuh fasilitas komputer, karna
         webcam ini dapat mentransfer gambar dan suara melalui jaringan LAN atau line telepon via modem.

E. JOYSTICK
    Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol yaitu suatu alat masukan komputer berbentuk tuas yang dapat di gereakan kesegala arah. joystick ini dapat mentransmisikan arah sebesar 2 atau 3 dimensi ke komputer.Beberapa jenis-jenis joystick yaitu joystick Logitech Rmble1, joystick Logitech Racing Wheel, Joystick Logitech Extreme 3D Pro, joystick PC dengan fungsi Turbo dan joystick Controller.
1. Joystick Logitech Rumble1
    Joystick ini yang sangat sering digunakan oleh masyarakat karena joystick ini dapat digunakan untuk game
    apasaja.
2. Josytick Logitech Racing Wheel
    Joystick yang satu ini berbentuk stir mobil dan digunakan khusus untuk bermain game balap mobil.
3. Joystick Logitech Extreme 3D Pro
    Joystick ini berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi untuk bermain game pesawat terbang.
4. Joystick PC dengan fungsi Turbo
    Joystick ini dgunakan untuk permainan simulasi penerbangan yang berdigsain 4Axis dan memiliki Ailero,
    Elevator, Trotlle dan Control power. Turbo di joystick ini berfungsi untuk pengulangan otomati, biasa
    digunakan untuk game bertarung diudara dengan kemampuan menembak senjata otomatis yang baik.      5. Joystick Controller 
    Joystick yang satu ini Potentiometric, biasa digunakan untuk control kamera, kursi roda, kamera pengintai
    ,dll.

2. OUTPUT
    Output (keluaran) merupakan hasil dari suatu proses, baik itu data maupun informasi yang telah di olah, Hasil dari energi yang sudah diklarisifikasikan akan menjadi kluaran yang sempurna.Alat-alat output yaitu Monitor, Printer, Speaker, Proyektor, Plotter.
A. MONITOR
     Monitor yaitu alat yang berfungsi untuk mnampilkan tulisan dan gambar. 
B. PRINTER
     Printer adalah alat yang dapat mencetak dengan media kertas. Hasil dari softcopy pada komputer agar
     dapat dilihat tanpa menggunakan komputer maka perlu dicetak pada kertas melalui printer.
C. SPEAKER
     Speaker merupakan alat yang dapat mengeluarkan suara dari komputer atau Device lain baik itu musik
     atau suara manusia.
D. PROYEKTOR
     Proyektor adalah  alat untuk menampilkan sebuah gambar pada sebuah layar proyeksi atau permukaan
     datar serupa.
E. PLOTTER
    Plotter merupakan sebuah alat yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa
    gambar ataupun grafik.
3. PROSESOR
    Prosesor merupakan sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah komputer dan berfungsi sebagai otak komputer untuk menjalankan perhitungan dan tugas.
A. Prosesor AMD
B. Prosesor INTEL
C. Prosesor VIA Samuel/Gigapro 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar